Tuesday, December 8, 2009

Facebook atau Blog?

Itulah pertanyaan pilihan yang dilontarkan seorang teman beberapa waktu yang lalu. Mana yang lebih bagus, Facebookan atau ngeblog? Pertanyaan ini berangkat dari perubahan gaya hidup saat sekarang ini, dimana 2 hal tersebut, Facebook dan Blog, menjadi sebuah kebutuhan. Adalah sebuah fakta, bahwa saat ini facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang paling populer di Indonesia. Mulai dari orang tua sampai anak-anak. Politisi sampai para konstituen dengan status sosial yang beragam. Nampaknya, pendiri facebook berhasil membuat orang betah berjam-jam, “terjebak” dalam situs ini.

Sebagian orang meletakan situs facebook pada page pertama pada browsernya. Facebook menjadi situs pertama yang dibuka oleh orang kebanyakan. Baru kemudian email dan Google. Penetrasi facebook berupa mfacebook atau mobile facebook yang plugin dalam Handphone semakin memperkokoh posisinya sebagai situs jejaring sosial terbesar di Indonesia dan dunia.

Lantas, apakah pemakaian yang semakin meluas tersebut sebanding dengan manfaatnya? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Manfaat facebook akan terasa pada saat tali silaturahmi semakin berjabat erat. Misalnya, bertemu kawan yang sudah lama tidak berjumpa. Tetapi bisa juga tidak bermanfaat karena facebook merenggut sebagian besar waktu untuk memberikan manfaat bagi urusan yang lain. Misal, terpaku melihat perubahan status teman, menghabiskan energi dan waktu untuk mengubah status dan foto profile, main game dan lain sebagainya. Sehingga menyebabkan urusan dunia nyata jadi terbengkalai.

Kemudian, bagaimana dengan Blog. Bagi saya, kedua-keduanya sama-sama menghabiskan waktu. Tapi, jika disuruh milih menghabiskan waktu, maka saya lebih memilih blog. Kenapa? Karena dengan blog, saya bisa mencurahkan semua ide dan pemikiran tentang apa saja dalam bentuk tulisan sederhana. Jah..kan di facebook juga bisa? Memang benar, tetapi di FB pembacanya terbatas, jika tulisan tersebut di tag ke teman, maksimal hanya 30 teman kalau tidak salah. Di blog, bisa dibaca banyak orang dan juga bisa via search engine.

Lalu, apakah memang Blog jauh lebih baik dari Facebook? bagi saya, bukan persoalan mana yang lebih baik. Tetapi kedua hal ini saling mendukung. Pada saat saya selesai menulis sat postingan di Blog, salah satu cara saya untuk menyebarluaskan tulisan pada postingan tersebut adalah dengan membuat link nya di facebook. sehingga semua teman facebook saya dapat melihat dan menuju blog saya. Dan berharap dapat meningkatkan traffic blog.

Kemudian, membuat note, dan men-tag kannya ke sebagian teman dengan membuat link menuju blog. Makanya, wajar jika saya tidak mengenal setengah dari teman-teman facebook saya. Karena, bagi saya semakin banyak teman di facebook, maka semakin banyak pula orang yang membaca tulisan di blog saya, dan berharap manfaatnya bisa meluas juga. Itupun jika tulisan saya dianggap bermanfaat.

So, menurut saya, Facebook dan Blog adalah dua hal yang bisa saling mendukung.

Bagaimana menurut anda?

Salam Berry Devanda

No comments:

Post a Comment