Tuesday, December 1, 2009

DKI dan Beijing Perpanjang Sister City

JAKARTA, MP - Pemerintah DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Beijing sepakat untuk memperpanjang kerjasama sister city 2010-2011. Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Wakil Wali Kota Beijing Ding Xiangyang.

Dalam kerjasama dua negara ini, Fauzi menyatakan tertarik untuk mengembangkan kereta bawah tanah seperti yang dikembangkan di Beijing. “Kereta bawah tanah di Beijing cukup efektif," kata Fauzi, Selasa (1/12).

Dalam pertemuan dengan Ding Xiangyang, Fauzi berharap Beijing dapat mengirimkan para tenaga ahli untuk mendukung pengembangan transportasi massal di Jakarta.

Tak hanya itu, kerjasama dua negara ini kelak juga menyangkut hal administrasi kota, kesehatan umum, perencanaan kota, manajemen pariwisata, dan industri kecil serta menengah.

Dalam kerjasama sebelumnya, Pemerintah Beijing pernah memberikan bantuan bibit tanaman di Monas, obat-obatan, dan pengelolaan lingkungan.

"Kerjasama ini berpengaruh besar terhadap hubungan bilateral Jakarta-Beijing," ujarnya.

Selain rencana pembangunan kereta bawah tanah, Pemerintah DKI Jakarta juga berniat mengirimkan anggota legislatif untuk studi banding di Beijing. Kemudian agar kerjasama makin erat, DKI juga ingin mengirimkan atlet-atlet olahraga untuk latihan bersama.

Wakil Wali Kota Beijing Ding Xiang menambahkan pihaknya akan berkomitmen melaksanakan setiap poin kerjasama untuk mendukung kemakmuran masyarakat masing-masing kota. (red/*vnc)

No comments:

Post a Comment