Thursday, December 3, 2009

Pecandu Narkoba Kursus Multimedia Gratis

JAKARTA, MP - Sebanyak 58 mantan pengguna narkoba tergabung dalam Yayasan Sahabat Rekan Sebaya (SRS) mengikuti program After Care yang dilaksanakan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)- Universitas Indonesia (UI) dalam rangka hari AIDS se-dunia. Mereka mengikuti kelas program jurusan Website Design, sablon, fotografi, dan komik digital.


Direktur PNJ sekaligus ketua panitia After Care, Johny Wahyuadi, mengatakan program ini memberikan rasa penghargaan dan manfaat kepada para mantan pengguna narkoba sekaligus diaplikasikannya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan oleh politeknik se-Asia Pasifik, dan penyelenggaraan ini sebagai kepedulian kami terhadap data Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa 70 persen mantan pengguna narkoba kembali mencicipi barang haram itu karena tidak adanya kegiatan lain,” ujar Johny Wahyuadi, Kamis (3/12).

Dijelaskannya, seluruh anggota pelatihan tersebut berasal dari masyarakat umum yang difasilitasi berupa dana modal usaha. “Setelah ini kita bulan Maret 2010 akan meluncurkan Unit Konsultasi terkait permasalahan narkoba di kampus,” ujarnya.

Salah satu konselor yang juga peserta dalam program ini mengatakan sangat menghargai dengan program yang digelar PNJ. Pasalnya, mayoritas tidak bersikap responsif terhadap para mantan pengguna narkoba. Pria 32 tahun ini menilai, seharusnya orang-orang seperti dirinya jangan dijauhi.

“Oleh karena itu saya sangat senang dengan program seperti ini. Disini kami dilatih membuat aneka games. Bahkan karya kami pun dipamerkan. Itu suatu penghargaan bagi kami,” paparnya.

Selain itu, dengan adanya program seperti ini justru membuat orang-orang seperti dirinya merasa dohargai dan dianggap ada dalam masyarakat. Pria yang mengaku mengkonsumsi heroin selama 15 tahun ini menghimbau kepada generasi muda untuk tidak mengikuti jejaknya menggunakan narkoba. “Cukup saya yang seperti ini. Jangan ada lagi yang seperti saya,” himbaunyapoltabes Palembang. (red/*pk)

No comments:

Post a Comment