Thursday, November 19, 2009

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Pernahkah anda bermimpi untuk menjadi penulis hebat? Pernahkah anda membayangkan suatu saat buku anda akan dipajang rapi di sebuah toko buku berdampingan dengan buku-buku karya penulis terkenal lainnya. Tidak pernahkah muncul perasaan “iri” terhadap penulis lain yang telah dipajang bukunya di toko buku tersebut. Pernahkah terlintas dalam benak anda bahwa suatu saat buku anda pun pantas untuk berjejer pada bagian best seller di sebuah toko buku? Lantas apakah beda penulis hebat dengan penulis Sukses? Apakah semua penulis sukses tersebut adalah penulis hebat.

Cara Dahsyat menjadi Penulis hebat adalah buku terbaru dari Jonru. Jonru adalah founder Penulislepas.com dan sekolah menulis online (SMO). Bukunya ini diterbitkannya sendiri dan sepertinya di distribusikan sendiri. Jika membaca buku Jonru sebelumnya, “Menerbitkan Buku Itu Gampang”, disana terdapat pembahasan tentang Self Publishing dan saya menilai Jonru mempraktekan sendiri apa yang telah di tulisnya. Buku cara dahsyat menjadi penulis hebat ini diterbitkan oleh Penulislepas.com Publishing House.

Lantas mucul pertanyaan, apa yang membuat buku ini lebih baik dari buku-buku serupa yang telah lebih duluan diterbitkan. Satu hal yang menjadi nilai plus dari buku ini adalah, buku ini lebih menitik beratkan pada motivasi untuk menulis. Jika selama ini sudah banyak buku yang membahas, bagaimana cara dan kiat menulis novel, tata cara menulis artikel dan lain sebagainya. Kemampuan seperti ini dikenal dengan Hard Skills. Dalam buku ini justru menekankan pada motivasi menulisnya (Soft Skill). Bukan berarti dalam buku ini tidak ada kiat menulis.

Menurut Jonru, apa gunanya semua teori yang telah didapatkan dari berbagai sumber, jika anda tidak memiliki semangat, optimisme, konsistensi dan self confidence. Jika tidak diiringi oleh soft skill tersebut, semua ilmu yang telah ada akan buyar ketika satu naskah anda ditolak oleh penerbit. Dalam buku ini, penulis mencoba memotivasi pembaca untuk menumbuhkan semangat positif untuk membangun karir sebagai penulis hebat.

Penulis sukses adalah “akibat” dari penulis sukses. Penulis penulis seperti Andrea Hirata, Helvy Tiana Rossa dan Dewi Lestari adalah penulis hebat dengan sederet penghargaan dipundak mereka. Mereka adalah penulis hebat. Namun kehebatan mereka bukan karena prestasi-prestasi menulis yang bejibun itu. Hal tersebut hanyalah akibat dari kerja keras, semangat, konsistensi dan motivasi tinggi. Dibalik sosok terkenal dan populer tersebut, terdapat jiwa-jiwa pantang menyerah, percaya diri, disiplin dan konsisten.

Untuk menjadi penulis sukses anda harus membekali diri dengan berbagai kemampuan (soft skills) dan menghilangkan penyakit atau racun-racun yang bersarang dalam pemikiran kita selama ini. Dua racun yang sering bersarang dalam otak kita adalah, pertama “SAYA TAK MUNGKIN.... (bla...bla...bla...). sebuah perasaan skeptis dan pesimistis dalam memandang diri sendiri. Ingat, Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika ia tidak mengubahnya sendiri. Ejekan dan cemoohan yang diberikan orang lain seringkali membuat kita down. Jadikanlah ejekan dan cemoohan tersebut sebagai Recharge semangat kita.

Kedua, Bagaimana Kalau ....(bla...bla...bla...). kita sering kelamaan mikir. Dan menghabiskan sebagian besar waktu pada bagian ini. Saya ingat ungkapan cerdas “perubahan tidak akan terjadi jika hanya di pikirkan dan di diskusikan, melainkan dengan dengan gerak nyata”. Informasi lebih lengkap mengenai buku ini bisa dilihat di penulishebat.com atau bisa juga di facebook dan di twitter .

Saat ini, buku cara dahsyat menjadi penulis hebat ini hanya tersedia dalam bentuk ebook dengan harga Rp. 49. 500,- dan bonus voucher pada SMO senilai Rp. 200.000,-. Sebuah Voucher terbesar dari SMO dari yang pernah ada. Selain itu juga juga dikasih modul Ekslusif dari SMO dan didaftarkan pada kelas Free Trial. Penawaran ini hanya berlaku untuk ebook. Kalau versi cetaknya udah terbit, bonus ini udah nggak berlaku lagi.



Salam Berry Devanda.

No comments:

Post a Comment