Tuesday, November 10, 2009

Narkoba

Narkoba

Narkoba singkatan dari narkotika, obat dan bahan berbahaya adalah sekelompok obatan, bahan atau zat bukan makanan yang jika diminum, dihisap, ditelan, atau disuntukkan akan berpengaruh pada kerja tubuh, terutama otak dan sering menimbulkan ketergantungan.

Menurut pengaruhnya pada kerja otak, narkoba dibagi menjadi 3 golongan obat yang:

° Memacu kerja otak, disebut stimulasi. Contoh nikotin, kokain, amfetamin, ekstasi dan shabu – shabu.

° Menghambat kerja otak disebut depresansia

° Menimbulkan daya khaya, disebut halusinogenika. Contohnya ganja, LSD.

B. Nikotin

Nikotin bahan yang terdapat pada tembakau yang menyebabkan ketergantungan. Rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang merusak kesehatan.

Ø penggunaan sekali : nikotin memacu kerja otak, menunda rasa lapar, menyebabkan pusing dan batuk. Jantung bekerja lebih cepat pada baju rambut dan nafas.

C. Alcohol

Alcohol. ada beberapa jenis minuman beralkohol tergantung kadarnya contoh : bir, minuman aggur, wishki, rum, gin, vodka, dan brendi.


Ø Penggunaan beberapa kali: tambah sulit berkonsentrasi, mudah lupa, ketergantungan, prilaku berubah menjadi agresif dan murung.

D. ganja

ganja: berasal dari tanaman ganja yang dikeringkan. Disebut juga CIMENG. Cara pemakaiannya dihisap.

Ø Penggunaan beberapa kali menjadi lamban, bodoh, sulit mengingat, perepsi waktu atau ruang berubah (lama dirasa sebentar).

E. heroin/ putaw

heroin disebut juga putaw karna berupa bubuk putih ( seperti tepung) sangat cepat menyebabkan ketergantungan. Pemakaiannya disuntikkan ke pembuluh darah atau dihisap setelah dibakar.

Ø Pemakaian sekali : menyebabkan kantuk, menghuangkan rasa nyeri, perhatian daya ingat terganggu, ppupil mata menyempit, gerakan lambat.


F. obat penenang dan obat tidur

berpengaruh menghambat kerja otak. Contoh pil BK, Dum, MG, Rohip, Lexo, pil koplo

Ø penggunan beberapa kali : pengaruhnya ditambah sifat berubah menjadi malas, kasar, agresif, mudah tersinggung.

G. ekstasi (XTC)

tergolong amfetamin, yaitu stimulasi yang memacu kerja otak dibuat oleh pabrik gelap, berbentuk pil warna – warni dimakan.

Ø Penggunan beberapakali : akal sehat menghilang.

H. shabu – shabu

yang memacu kerja otak ( stimulasi ). Dibuat oleh pabrik gelap. Berbentuk kristal putih. Dimakan atau ditaruh di dalam rokok. Dan disedot melalui hidung

Ø penggunan sekali : kehilangan kesadaran, lesu.

I. inhalansia dan solven

ada sekitar 2.000 bahan kimia yang mudah menguap. Digunakan di kantor, bengkel, pabrik, rumah tangga . contoh : thinner, lem, aerosol, bensin,. Dihirup melaui hidung, sering disebut ngelem.


Ø Penggunan beberapa kali : dapat membuat pemakai kehilangan akal, mudah tersinggung, susah konsentrasi, kehilangan kesadaran.

No comments:

Post a Comment